MICROSOFT
EXCEL
Excel dapat mengerjakan
lembar kerja elektronik yang sangat besar yang disebut spreadsheed. Bentuk tepat kerja Excel berupa buku kerja ( Workbook)
yang dapat berisi beberapa lembar (sheet). Lembar kerja atau sheet ini
berupa lembar kerja elektronik yang disebut Worksheet.
- Area kerja Excel
Area kerja
dalam excel berbentuk buku kerja atau workbook
yang berisi beberapa lembar keja. Beberapa worksheet ditumpuk, sehingga
hanya satu worksheet yang kelihatan, yang disebut worksheet yang terletak
disebelah kiri bawah tiap wooksheet.
Worksheet atau
lembar kerja dibagi dalam kolom dan baris ( row). Jumlah kolom dalam lembar
kerja adalah 256 kolom, nama kolom
menggunakan huruf alphabet. Dimulai dari A,B…..,Z AA,AB,….AZ dan seterusnya
sampai IV. Nama baris menggunakan angka, mulai baris 1,2…. Sampai 65536.
Perpotongan
satu kolom dengan baris disebut : sel (Cell).
Jadi, perpotongan antara B dengan beris 5 disebut sel B5, kumpulan beberapa sell yang bersebelahan disebut range. Range selalu berbentuk segi empat, Anggota range dimulia dari sell paling kiri atas sampai sel
paling kanan bawah dalam bentuk segi
empat,jadi jika disebut range B2:D3,
maka anggotanya adalah sel B2,C2,B3,C3dan D3.
- Membatalkan perintah :
·
Lakukankan
langkah-langkah:
1. Pilih menu Edit
2. Pilih pada Undo
- Menyimpan buku kerja
Untuk menyimpan
buku kerja kedalam satu file,lakukanlah langkah-langkah:
1. pilih menu File lalu save atau tekan tombol CTRL + S
2. pada pilihan Save in, tentukanlah lokasi file buku
kerja akan disimpan. Pada isian file name, ketikkan nama file untuk
menyimpan lembar kerja.
- Membuka file buku kerja
Adapun langkah-langkahnya
adalah
1. pilih menu File lalu Open atau tekan ALF+ F lalu O atau tekan
CTRL + O
2. Pada Pilihan Look In, Pilih Atau Tentukan lokasi file yang diinginkan.
3. setelah itu , tunjuk pada
file lembar kerja yang diinginkan lalu
klik Open atau cukup klik ganda pada file lelmbar kerja yang diinginkan.
Catatan
:
Pada tombol
Open terdapat tanda segi tiga yang dapat dipakai untuk membuka file dalam
beberapa cara, antara lain:
·
Open, yaitu : membuka file dengan
cara biasa, seperti menklik tombol open.
·
Open Read – only, yaitu membuka file dalam
modus hanya baca atau read-only. File yagn dibuka tetap dapat diedit seperti
biasa , tetapi kalau disimpan harus menggunakan nama baru
·
Open as Copy, yaitu excel otomatis
menyalin file ke dalam file baru dengan copy ..of < namaAsli>,
selanjutnya Excel membuka file baru tersebut.
·
Open in Browsing, yaitu untuk membuka file
dalam program browser internet.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar