Cute Rocking Baby Monkey

Senin, 16 Maret 2015

MICROSOFT EXCEL


MICROSOFT EXCEL
Excel dapat mengerjakan lembar kerja elektronik yang sangat besar yang disebut spreadsheed. Bentuk tepat kerja Excel berupa buku  kerja ( Workbook) yang dapat berisi beberapa lembar  (sheet). Lembar kerja atau sheet ini berupa lembar kerja elektronik yang disebut Worksheet.
  • Area kerja Excel
Area kerja dalam excel berbentuk buku kerja atau workbook  yang berisi beberapa lembar keja. Beberapa worksheet ditumpuk, sehingga hanya satu worksheet yang kelihatan, yang disebut worksheet yang terletak disebelah  kiri bawah tiap wooksheet.
Worksheet atau lembar kerja dibagi dalam kolom dan baris ( row). Jumlah kolom dalam lembar kerja  adalah 256 kolom, nama kolom menggunakan huruf alphabet. Dimulai dari A,B…..,Z AA,AB,….AZ dan seterusnya sampai IV. Nama baris menggunakan angka, mulai baris 1,2…. Sampai 65536.
Perpotongan satu kolom dengan baris disebut : sel (Cell). Jadi, perpotongan antara B dengan beris 5 disebut sel B5, kumpulan beberapa sell yang bersebelahan disebut range. Range  selalu berbentuk  segi empat, Anggota range  dimulia dari sell paling kiri atas sampai sel paling  kanan bawah dalam bentuk segi empat,jadi jika disebut range B2:D3, maka anggotanya adalah sel B2,C2,B3,C3dan D3.
  • Membatalkan perintah :
·         Lakukankan langkah-langkah:
1.      Pilih menu Edit
2.      Pilih pada Undo
  •  Menyimpan buku kerja
Untuk menyimpan buku kerja kedalam satu file,lakukanlah langkah-langkah:
1.     pilih menu File lalu save atau tekan tombol CTRL + S
2. pada pilihan Save in, tentukanlah lokasi file buku kerja akan disimpan.  Pada isian file name, ketikkan nama file untuk menyimpan lembar kerja.

  •  Membuka file buku kerja

Adapun langkah-langkahnya adalah
1.      pilih menu File lalu Open  atau tekan ALF+ F lalu O atau tekan CTRL + O
2.      Pada Pilihan Look In, Pilih Atau Tentukan  lokasi file yang diinginkan.
3.      setelah itu , tunjuk pada file lembar kerja  yang diinginkan lalu klik Open atau cukup klik ganda pada file lelmbar kerja yang diinginkan.
Catatan :
Pada tombol Open terdapat tanda segi tiga yang dapat dipakai untuk membuka file dalam beberapa cara, antara lain:
·         Open, yaitu : membuka file dengan cara biasa, seperti menklik tombol open.
·         Open Read – only, yaitu membuka file dalam modus hanya baca atau read-only. File yagn dibuka tetap dapat diedit seperti biasa , tetapi kalau disimpan harus menggunakan nama baru
·         Open as Copy, yaitu excel otomatis menyalin file ke dalam file baru dengan copy ..of < namaAsli>, selanjutnya Excel membuka file baru tersebut.
·         Open in Browsing, yaitu untuk membuka file dalam program browser internet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar